7 Tips Mendapatkan IPK Tinggi

IPK tinggi

Memiliki IPK tinggi akan memberi kebanggaan tersendiri pada diri mahasiswa. Selain itu, IPK tinggi juga memberi kesempatan yang lebih besar bagimu untuk diterima bekerja di perusahaan bonafide. Oleh sebab itu, Kamu perlu mendapatkan IPK tinggi selama kuliah.

Sayangnya, memperoleh IPK tinggi bukanlah perkara yang mudah. Satu nilai C saja dapat merusak semua usahamu selama satu semester dan menurunkan IPK-mu. Oleh sebab itu, Kamu perlu mengetahui tips mendapatkan IPK tinggi agar terhindar dari hal tersebut.

Indeks Prestasi atau IP adalah rata-rata nilai dalam satu semester. Sedangkan Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK adalah nilai akhir yang berasal dari rata-rata IP selama kuliah. Dan untuk mendapatkan IP atau IPK tinggi, Kamu perlu memperoleh banyak nilai A dan menghindari nilai C, apalagi D. Silahkan cek Kampus Favorit di Medan

Untuk melakukannya, Kamu dapat mengikuti tips berikut ini.

  1. Cari Tahu Persentase Penilaian Dosen

Pada dasarnya, dosen menilai mahasiswanya berdasarkan kehadiran, quiz, tugas, keaktifan di kelas, dan ujian akhir. Semua komponen tersebut memiliki persentase yang berbeda-beda dalam penilaian. Pada umumnya, kehadiran memiliki persentase yang relatif kecil

Namun, biasanya dosen mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menilai mahasiswanya. Ada dosen yang memberikan bobot besar pada ujian akhir. Namun, ada juga dosen yang lebih menitik beratkan pada tugas.

Oleh sebab itu, penting bagi Kamu untuk mengetahui sistem penilaian dosen. Sehingga, Kamu dapat menentukan strategi belajarmu semaksimal mungkin. Cara paling efektif untuk mengetahui penilaian tersebut adalah dengan datang pada pertemuan pertama.

  1. Rajin Berangkat Kuliah

Karena kehadiran memiliki bobot penilaian tertentu dalam penilaian dosen, maka Kamu harus rajin berangkat kuliah. Jika tidak ada keperluan mendesak atau tidak sedang sakit, Kamu sebaiknya berangkat kuliah.

Selain itu, rajin menghadiri kuliah memberi banyak keuntungan yang nantinya dapat membantumu memperoleh nilai memuaskan. Salah satunya adalah memberimu kesempatan untuk selalu mengikuti quiz dadakan yang memiliki bobot nilai tersendiri pada penilaian dosen.

Selain itu, hadir di kelas juga membantumu memahami materi kuliah dengan baik. Sehingga, Kamu dapat mengerjakan ujian dengan lebih baik di akhir semester.

  1. Kumpulkan Tugas Tepat Waktu

Tugas biasanya memiliki persentase yang besar dalam penilaian dosen. Oleh sebab itu, Kamu harus mengumpulkan semua tugas dari dosen secara tepat waktu. Terlambat mengumpulkan tugas akan memberi akibat yang fatal pada nilaimu di akhir semester.

Agar tidak terlambat dalam mengumpulkan tugas, Kamu tidak boleh menunda mengerjakannya. Kerjakanlah tugas tersebut segera setelah dosen memberikannya. Dengan mengerjakannya di awal, Kamu dapat menghasilkan tugas yang berkualitas dan bernilai baik.

  1. Rajin Belajar

Rajin membaca buku kuliah, catatan kuliah, dan buku referensi dapat membantumu mendapatkan IPK tinggi. Belajar akan membantumu memahami materi kuliah dengan lebih baik. Dengan demikian, Kamu akan memperoleh nilai ujian semester yang lebih memuaskan.

Sebagai mahasiswa yang baik, Kamu sebaiknya menghindari cara belajar Sistem Kebut Semalam. Cara belajar seperti itu tidak akan memberimu banyak manfaat. Selain itu, cara tersebut juga cenderung membuat nilai ujian semestermu kurang memuaskan.

  1. Aktif di Kelas

Cara lain untuk meningkatkan IPK adalah dengan cara aktif di kelas. Ada berbagai cara untuk menjadi mahasiswa aktif. Salah satunya adalah dengan melontarkan pertanyaan setiap kali teman melakukan presentasi. Selain itu, Kamu juga harus sering bertanya kepada dosen.

Cara lain untuk menjadi mahasiswa aktif di kelas adalah dengan menjawab pertanyaan dari dosen. Keikutsertaanmu dalam diskusi kelas akan membuat dosen menilaimu sebagai mahasiswa aktif. Sehingga, nilai kuliahmu menjadi lebih baik.

  1. Rajin Mencatat

Ketika dosen memberikan penjelasan, Kamu harus selalu mencatatnya. Hal ini juga perlu kamu lakukan saat temanmu melakukan presentasi dan diskusi kelas. Catatan tersebut dapat membantumu memahami materi dengan lebih baik.

Selain itu, apa yang dikatakan dosen dan apa yang didiskusikan di kelas biasanya akan keluar pada saat ujian semester. Sehingga, Kamu akan lebih siap dalam mengerjakan ujian. Hal ini tentu akan berdampak positif pada nilai kuliah dan IPK-mu.

  1. Mengulang Kuliah

Apabila Kamu mendapat nilai C dalam salah satu mata kuliah yang Kamu ambil, maka sebaiknya Kamu mengulang mata kuliah tersebut di Semester Pendek atau di semester berikutnya. Dengan demikian, Kamu dapat memperbaiki IPK-mu.

IPK memang bukan segalanya. Namun, IPK dapat meningkatkan kesempatanmu untuk memperoleh pekerjaan yang baik. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagimu untuk mengikuti tips mendapatkan IPK tinggi di atas. Silahkan cek Kampus Favorit di Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *